Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kedepankan Kearifan Lokal, Kapolresta Yogyakarta Ajak Personel Mencegah Radikalisme dan Intoleransi


Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol. Aditya Surya Dharma, S.I.K., M.H., terus melakukan sosialisasi penanggulangan dan pencegahan radikalisme serta intoleransi kepada personel dan juga warga masyarakat.

Hal itu disampaikan dengan tujuan memperkuat pemahaman dan komitmen anggota Polri dalam menangkal paham radikal yang berpotensi mengancam stabilitas keamanan.

Menurut Kapolresta Yogyakarta bahwa pedoman hidup bagi anggota Polri adalah Pancasila, Tribrata, dan Catur Prasetya, yang harus dijadikan dasar utama dalam menjalankan tugas berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut, Kombes Aditya menegaskan bahwa dengan berpedoman pada Pancasila, Tribrata, dan Catur Prasetya, anggota Polri tidak boleh lagi memandang perbedaan suku, agama, atau keyakinan sebagai hambatan dalam menciptakan rasa kemanusiaan dan toleransi di tengah masyarakat.

"Tujuan kita adalah menciptakan lingkungan yang aman dan damai, di mana masyarakat dapat hidup berdampingan tanpa terpengaruh paham-paham radikal maupun intoleran," tegas Kapolresta.

Kapolresta juga menegaskan bahwa masyarakat memiliki peran penting sebagai kunci deteksi dini terhadap ancaman-ancaman yang dapat mengganggu stabilitas keamanan.

"Oleh karena itu, anggota Polri diharapkan aktif mengedukasi masyarakat tentang bahaya radikalisme dan pentingnya menjaga kerukunan," tambahnya.

Menurut hasil penelitian pada tahun 2018 menunjukkan bahwa kearifan lokal mampu menjadi benteng efektif dalam menangkal paham radikalisme di masyarakat.

"Pencegahan radikalisme dan terorisme berbasis kearifan lokal sangat penting karena pendekatan ini mudah diterima masyarakat dan efektif," jelasnya.

Ia menambahkan, nilai-nilai kearifan lokal seperti toleransi, gotong royong, dan saling menghormati dapat memperkuat kohesi sosial dan meredakan ketegangan di masyarakat. Program berbasis kearifan lokal ini, lanjutnya, melibatkan pendidikan dan pembinaan masyarakat, dengan menanamkan nilai-nilai damai serta cara penyelesaian konflik secara konstruktif.

Posting Komentar untuk "Kedepankan Kearifan Lokal, Kapolresta Yogyakarta Ajak Personel Mencegah Radikalisme dan Intoleransi"