Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengamanan Shalat Idul Adha 1444 H Presiden Jokowi Bersama Masyarakat Di Gedung Agung Yogyakarta


Personil Polresta Yogyakarta dibantu TNI dan instansi lainnya, melaksanakan pengamanan Shalat Idul Adha 1444 H di halaman depan Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta pada Kamis, 29 Juni 2023. Pengamanan sholat Id  ini langsung dipimpin oleh Kapolresta Yogyakarta Kombes pol Saiful Anwar, S.Sos, SIK, MH.

Kasihumas AKP Timbul Sasana Raharja, SH, MH, mewakili Kapolresta Yogyakarta, menjelaskan bahwa pelaksanaan Shalat Id di kota Yogyakarta berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 28 dan 29 Juni 2023. "Namun, kali ini Shalat Id sangat istimewa karena di Istana Gedung Agung ini hadir Pak Presiden kita, Bapak Joko Widodo, untuk mendampingi masyarakat Kota Yogyakarta dalam melaksanakan Shalat Id," ujarnya.

"Pengamanan Shalat Idul Adha ini diperketat agar Presiden Jokowi beserta masyarakat Kota Yogyakarta merasa aman dan khusyuk dalam shalatnya," jelas Kasihumas.

Presiden Jokowi melaksanakan Shalat Id di Gedung Agung dengan khidmat bersama ribuan warga masyarakat. Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, dan beberapa pejabat Pemda, TNI, dan Polri juga hadir.

Dalam Shalat Id tersebut, Drs. Jauhar Mustofa, M.Si bertindak sebagai Imam dan khotib dengan tema khotbah "Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS".

"Pada tanggal 10 Zulhijjah 1444H, kita masih diberikan kesempatan untuk melaksanakan Shalat Idul Adha. Kita harus bersyukur dan bertaqwa agar Allah SWT memberikan nikmat-Nya," ujar Khatib dalam khotbahnya.

Khatib menyebut Hari Raya Idul Adha sebagai momentum keberkahan, di mana jutaan umat Muslim melaksanakan ketaatan dalam ibadah haji di tanah suci.

"Umat Muslim tak henti-hentinya melantunkan kalimat takbir sebagai respons terhadap panggilan Allah di tanah suci. Para jamaah haji dengan penuh iman dan khusyuk menjawab panggilan Allah," katanya.

Khatib menjelaskan bahwa para jamaah di Tanah Suci menjadi tamu Allah SWT dan menduduki tempat yang mulia.

"Haji yang mabrur tidak mendapat pahala selain surga. Di luar Tanah Suci, umat Muslim kita juga melaksanakan Shalat Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban, dan besok kita merayakan Hari Tasyrik sebagai tanda ketakwaan kepada Allah SWT," terangnya.

Ia mengajak umat Muslim Indonesia untuk memanfaatkan momentum ini dengan baik, melakukan upaya, berdoa, dan melaksanakan ibadah dengan baik.

"Kita seharusnya bersyukur karena kita telah melewati ujian pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 dengan tabah," ajaknya. (Humas Polresta Yogyakarta)
 

Posting Komentar untuk "Pengamanan Shalat Idul Adha 1444 H Presiden Jokowi Bersama Masyarakat Di Gedung Agung Yogyakarta"